Apa itu NPWP ???

NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. atau dengan kata lain, NPWP adalah identitas yang dimiliki seseorang terkait dengan kewajiban perpajakan.

Berdasarkan Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-20/PJ/2013 Pasal 1 angka 8 disebutkan, NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya.

Pajak merupakan bentuk kontribusi pada negara untuk pembangunan yang bisa Anda bayarkan ketika sudah memiliki penghasilan, apapun pekerjaan Anda. Tentu saja besaran pajak yang dibayarkan setiap orang berbeda-beda tergantung tingkat penghasilan yang dimiliki masing-masing individu.

NPWP terbagi menjadi dua, yaitu NPWP pribadi dan NPWP badan/perusahaan. NPWP pribadi merupakan NPWP yang dimiliki oleh individu, sedangkan NPWP badan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan atau badan yang berpenghasilan di Indonesia. Jika Anda merupakan seorang pemilik bisnis atau perusahaan atau yang disebut enterpreneur, maka Anda harus memiliki dua NPWP yakni NPWP pribadi dan NPWP badan.

namun NPWP tidak wajib dimiliki oleh semua orang, NPWP hanya diwajibkan bagi orang yang memiliki usaha/pekerjaan bebas dan pegawai yang penghasilannya sudah diatas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak) dengan nilai penghasilan diatas Rp. 4.500.000,- perbulan.. untuk penghasilan yang belum mencapai angka tersebut tidak wajib memiliki NPWP namun tetap dibolehkan jika anda menghendaki untuk memiliki NPWP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this:
www.000webhost.com